free hit counter code

Deep Web - Menelusuri Lebih Jauh Sisi Gelap Dunia Internet

Deep Web - Menelusuri Lebih Jauh Sisi Gelap Dunia Internet

Pada kesempatan kali ini, Saya akan menjelaskan secara lengkap tentang Deep Web atau biasanya juga dikenal sebagai Darknet, Deepnet, Undernet, Hidden Web, ataupun Invisible Web.

Apa Itu Deep Web?
Mike Bergman, seorang pendiri BrightPlanet ini yang mempopulerkan istilah Deep Web. Analoginya seperti ini, apabila internet diibaratkan sebagai sebuah lautan, maka pengguna internet pada umumnya yang biasanya menggunakan mesin pencari umum seperti google, bing atau yahoo, itu sebenarnya hanya mengakses bagian permukaan laut saja. Sedangkan bagian terdalam pada lautan atau Deep Web tersebut mungkin banyak yang belum mengetahuinya karena sulit sekali untuk diakses. Bagi sebagian pengguna internet mungkin merasa asing tentang Deep Web ini, karena Deep Web sendiri tidak dapat dicari dan ditelusuri dengan mudah menggunakan mesin pencari pada umumnya seperti google, bing atau yahoo. Walaupun setiap hari kalian menggunakan internet dengan informasi ataupun konten yang sangat lengkap dan menurut kalian segalanya itu sudah ada di dalam internet pada umumnya, sebenarnya kalian hanya mengakses di bagian permukaan internet saja. Masih ada lagi bagian terdalam internet yang belum pernah kalian telusuri karena bagian tersebut tidak dapat diakses dengan mudah. Semua konten di dalam internet yang dapat diakses oleh mesin pencari google, bing, atau mesin pencari lain pada umumnya, itu sebenarnya hanya 4% saja bagian dari internet, masih ada 96% bagian dari internet yang mungkin kalian belum mengetahuinya, yang disebut sebagai Deep Web.

Apa yang Ada di Dalam Deep Web?
Di dalam Deep Web terdapat banyak sekali situs-situs ilegal yang berbahaya seperti situs kriminal, situs p*rngrafi, situs jual beli manusia, situs jual beli obat-obatan terlarang atau nark*ba, situs ped*filia, situs yang menyediakan jasa h*cking, situs yang menyediakan jasa pemb*nuhan, situs jual beli barang yang dipalsukan seperti artefak dan ada juga yang asli tetapi hasil pencurian atau disebut black market, situs pertandingan judi online, situs human experiment atau percobaan manusia, situs yang menyimpan dokumen rahasia pemerintahan, bahkan konon katanya terdapat juga situs yang menyimpan rahasia dunia yang mengkin belum diketahui kebanyakan orang.

Apakah Deep Web ini berbahaya?
Tidak sepenuhnya konten yang ada di dalam Deep Web ini berbahaya, karena di dalam Deep Web juga terdapat berbagai forum diskusi dan informasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan. Untuk masalah berbahaya atau tidaknya itu semua tergantung dari pribadi masing-masing. Jika kalian mengakses Deep Web dengan bijaksana, maka akan aman-aman saja. Tetapi jika kalian mencoba untuk masuk lebih dalam ke dalam Deep Web seperti masuk ke dalam situs-situs ilegal tersebut, maka hal ini sangatlah berbahaya bagi psikologis kalian.

Mengapa Deep Web Tidak Dapat Diakses dengan Mudah?
Situs-situs di dalam Deep Web ini didesain sangat baik. Berbeda dengan situs-situs pada umumnya yang biasanya menggunakan domain umum seperti .com, .net, .id, dan lain sebagainya, situs di dalam Deep Web ini menggunakan domain .onion dan URLnya pun sangat rumit. Seperti pada contoh URL situs The Hidden Wiki "http://kpvz7ki2v5agwt35.onion". Situs-situs di dalam Deep Web tersebut juga tidak melakukan proses registrasi dengan mesin pencari apapun, sehingga situs-situs tersebut sangat sulit untuk ditemukan.

Bagaimana Cara Mengakses atau Menjelajah di dalam Deep Web?
Untuk cara mengakses Deep Web bisa diakses menggunakan komputer dan juga smartphone dengan cara tersendiri. Saya akan membuatkan caranya di artikel berikut ini, karena apabila Saya tulis juga di sini akan sangat panjang sekali.

Kesimpulan:
Sebaiknya tidak perlu dan sangat tidak disarankan untuk mencoba mengakses Deep Web, karena konten-konten di bagian permukaan internet pada umumnya yang biasanya kita gunakan menggunakan mesin pencari google sudah sangat lengkap. Jadikan saja Deep Web ini sebagai pengetahuan dan wawasan dasar yang tidak perlu untuk dijelajahi karena memang tidak layak dan banyak memberikan dampak negatif.

Demikian penjelasan tentang Deep Web, penelusuran lebih jauh sisi gelap dunia internet kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan ataupun wawasan bagi kalian. Apabila ada kesalahan atau kekurangan silahkan dikoreksi dan sampai jumpa di artikel Saya selanjutnya.

Founder BonChandra.com | Seorang content writter sekaligus publisher yang selalu berbagi dan terus belajar untuk memberikan informasi dan berusaha memberikan solusi untuk masalah orang lain.

6 Responses to "Deep Web - Menelusuri Lebih Jauh Sisi Gelap Dunia Internet"

  1. mantap artikel nya kuy jadi patner nyelem dideep web

    ReplyDelete
  2. serem yaa. ternyata kita masih di surface wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak nyangka juga ane sebebarnya gan. Haha

      Delete
  3. sebenarnya kalo diposting gini jadinya bukan deepweb lagi :D tapi gpp sih . deepweb itu kebanyakan yang akses orang ahli jadi hati hati kalo mau kesana

    ReplyDelete