free hit counter code

5 Cara Mengatasi Kamera Smartphone Android Tidak Bisa Dibuka / Error

5 Cara Mengatasi Kamera Smartphone Android Tidak Bisa Dibuka

5 Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Bisa Dibuka / Error | Pada kesempatan kali ini, Saya akan membahas tentang cara mengatasi kamera Android yang tidak bisa dibuka. Kamera pada smartphone Android memang memiliki banyak sekali kegunaan dan sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa pengguna smartphone Android. Semua smartphone Android kini telah dibekali kamera belakang dan kamera depan untuk mengabadikan momen para pengguna smartphone Android. Tidak hanya itu saja, kamera depan pada smartphone Android juga sangat penting sekali karena hampir semua pengguna smartphone Android menggunakan kamera depan untuk melakukan foto selfie, vlogging, dan video call.

Namun, bagaimana jika kamera pada smartphone Android tiba-tiba error dan tidak bisa dibuka? Kamera pada smartphone Android yang tidak bisa dibuka biasanya akan muncul nontifikasi "Tidak Dapat Terhubung ke Kamera" atau "Cannot Connect to Camera" saat kamera dibuka. Tentunya menggunakan smartphone Android tanpa mengakses kamera rasanya kurang menarik. Maka dari itu kita akan mencari masalah dan solusinya.

Sebenarnya apa penyebab kamera pada smartphone Android tidak bisa dibuka? Faktor yang menyebabkan munculnya nontifikasi "Tidak Dapat Terhubung ke Kamera" atau "Cannot Connect to Camera"saat kalian mencoba membuka kamera adalah biasanya karena kalian telah mengganti ROM dengan custom ROM pada smartphone Android kalian, dan mungkin custom ROM tersebut memang masih memiliki bug, salah satunya bug pada kamera, sehingga kalian tidak bisa mengakses kamera pada smartphone Android kalian. Namun, smartphone Android yang tidak pernah diotak-atik sekalipun juga bisa mengalami masalah tersebut. Pengguna smartphone Android yang masih awam sering kali menganggap smartphone Androidnya telah rusak terkait masalah ini. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah kamera yang tidak bisa dibuka pada smartphone Android. Sebelum kalian membawa smartphone Android kalian ke service center, cobalah untuk mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara berikut.

1. Restart Smartphone Android

Restart Smartphone Android

Cara pertama yang bisa kalian lakukan ketika kamera pada smartphone Android tidak bisa dibuka yaitu dengan mencoba mengatasinya dengan cara yang paling mudah ini, yaitu dengan cara restart smartphone Android kalian. Lepaskan baterai, sd card, sim card, dan biarkan beberapa saat. Kemudian pasang semuanya kembali dan nyalakan smartphone Android kalian. Setelah itu cobalah untuk membuka kamera. Jika cara tersebut masih gagal, cobalah untuk menggunakan cara kedua.

2. Paksa Berhenti, Hapus Cache dan Data Kamera

Manajemen Aplikasi

Cara kedua yang bisa kalian lakukan ketika kamera pada smartphone Android tidak bisa dibuka yaitu dengan mencoba mengatasinya dengan cara melakukan paksa berhenti, hapus cache dan data pada kamera. Menumpuknya cache dan data pada aplikasi kamera memang memungkinkan kamera menjadi error dan tidak bisa diakses. Cara ini mungkin cukup efektif yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya kalian bisa masuk ke Setting / Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Semua > Cari aplikasi kamera, kemudian paksa berhenti, hapus cache dan data. Setelah itu restart smartphone Android kalian dan cobalah untuk membuka kamera. Jika cara tersebut masih gagal, cobalah untuk menggunakan cara ketiga.

3. Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Aplikasi Kamera Android

Cara ketiga yang bisa kalian lakukan ketika kamera pada smartphone Android tidak bisa dibuka yaitu dengan mencoba mengatasinya dengan cara menggunakan aplikasi kamera pihak ketika yang tersedia di PlayStore. Kalian bisa menginstall aplikasi pihak ketiga seperti Camera for Android, Camera360, B612, dan lain sebagainya di PlayStore. Kalian bisa memilih berbagai aplikasi pihak ketiga tersebut sesuai dengan selera kalian. Setelah itu cobalah untuk membuka aplikasi kamera yang telah kalian install. Jika cara tersebut masih gagal dan kamera tetap tidak bisa dibuka, berarti memang aplikasi kamera bawaan pada smartphone Android kalian telah rusak, dan kalian harus mencoba untuk menggunakan cara keempat.

4. Factory Reset atau Reset Data Pabrik

Factory Reset / Reset Data Pabrik Android

Cara keempat yang bisa kalian lakukan ketika kamera pada smartphone Android tidak bisa dibuka yaitu dengan mencoba mengatasinya dengan cara melakukan factory reset atau reset data pabrik pada smartphone Android kalian. Menggunakan cara ini memang terbilang cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, menggunakan cara ini akan menghapus seluruh aplikasi dan data-data atau file yang tersimpan di memori internal. Jadi smartphone Android kalian akan kembali seperti baru lagi setelah melakukan factory reset. Caranya yaitu dengan masuk ke Setting / Pengaturan > Buat cadangan & setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik. Pastikan sebelum kalian melakukan factory reset kalian sudah backup semua aplikasi dan data-data atau file yang dirasa penting. Setelah kalian sudah melakukan factory reset, cobalah untuk membuka kamera. Jika cara tersebut masih gagal, cobalah untuk menggunakan cara terakhir di cara kelima.

5. Flashing Ulang Firmware Smartphone Android

Flashing Firmware Android

Cara kelima yang bisa kalian lakukan ketika kamera pada smartphone Android tidak bisa dibuka yaitu dengan mencoba mengatasinya dengan cara flashing ulang firmware pada smartphone Android kalian. Mungkin firmware pada smartphone Android kalian telah mengalami error dikarenakan oleh suatu masalah sehingga sistem tidak bisa berjalan dengan baik. Jadi, langkah yang terakhir ini memang cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, menggunakan cara ini juga akan menghapus seluruh aplikasi dan data-data atau file yang tersimpan di memori internal. Jadi smartphone Android kalian akan kembali seperti baru lagi setelah melakukan flashing. Caranya setiap tipe smartphone Android berbeda-beda. Apabila tipe smartphone Android kalian adalah Samsung, kalian bisa melakukan flashing dengan melihat Tutorial Flashing Samsung Galaxy di dalam blog Saya. Apabila kalian menggunakan tipe smartphone Android yang lain, kalian bisa mencari tutorial flashing di Google atau forum smartphone Android kalian.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kamera smartphone Android yang tidak bisa dibuka. Apabila semua cara diatas sudah kalian lakukan dan tetap saja gagal untuk membuka kamera, sudah dapat dipastikan berarti memang kamera smartphone Android kalian telah mengalami kerusakan pada bagian hardware. Kalian harus membawa smartphone Android kalian ke service center untuk memperbaikinya.

Demikian tips dari Saya tentang 5 Cara Mengatasi Kamera Android Tidak Bisa Dibuka / Error kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Apabila ada pertanyaan, kalian bisa bertanya melalui komentar di bawah, dan sampai jumpa di artikel Saya selanjutnya.

Founder BonChandra.com | Seorang content writter sekaligus publisher yang selalu berbagi dan terus belajar untuk memberikan informasi dan berusaha memberikan solusi untuk masalah orang lain.

2 Responses to "5 Cara Mengatasi Kamera Smartphone Android Tidak Bisa Dibuka / Error"