free hit counter code

Apa Itu Bisnis Startup? Dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Startup

Apa Itu Bisnis Startup? Dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? | Taukah kalian apa itu bisnis startup? Mungkin masih banyak dari kalian yang belum faham atau bahkan belum tahu sama sekali apa itu bisnis startup. Tapi tenang saja, kali ini Saya akan membahasnya secara lengkap dan lebih mendalam tentang apa itu bisnis startup.

Startup merupakan istilah dari bahasa inggris yang dapat diartikan sebagai tindakan seseorang yang memulai atau merintis sebuah bisnis. Menurut sumber dari Wikipedia, startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Perusahaan ini sebagian besar merupakan sebuah perusahaan yang masih baru didirikan dan masih berada pada fase pengembangan dan riset untuk menemukan pasar yang tepat.

Faktanya, startup merupakan sebuah bisnis rintisan yang berbau teknologi dan internet. Dari tahun ke tahun bisnis startup ini memang terus mengalami perkembangan secara pesat dengan melihat statistik pengguna internet yang terus meningkat dan juga pengguna smartphone terus bertambah sehingga memanjakan orang-orang untuk mencari apa yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Sebuah perusahaan yang digolongkan sebagai startup memiliki beberapa karakteristik. Beberapa karakteristik tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Masih berada didalam tahap perkembangan
  • Perusahaan masih berusia dibawah 3 tahun 
  • Perusahaan memiliki pegawai yang jumlahnya masih kurang dari 20 orang
  • Perusahaan masih memiliki pendapatan yang kurang dari $100.000/tahun
  • Pada umumnya beroperasi dalam bidang teknologi dan internet
  • Biasanya beroperasi di internet melalui website
  • Produk yang dibuat biasanya berupa produk digital seperti aplikasi
Dilihat dari beberapa karakteristik di atas tersebut, mungkin startup lebih mengarah pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan internet.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Perkembangan bisnis startup di Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Banyak sekali founder startup di Indonesia yang bermunculan setiap tahun. Menurut situs dailysocial.net, saat ini terdapat lebih dari 1500 startup yang ada di Indonesia. Apalagi, potensi pengguna internet di Indonesia kini yang semakin meningkat setiap tahunnya. Tentunya hal tersebut merupakan lahan yang potensial untuk para pelaku bisnis startup.

Berdasarkan pada sebuah riset, pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai sekitar 112 juta pengguna pada tahun 2017, dan mungkin akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, dengan meningkatnya pendapatan perkapita penduduk di Indonesia membuat daya beli masyarakat juga ikut meningkat. Hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan industri digital di Indonesia.

Startup di Indonesia pada umumnya saat ini memiliki 4 jenis startup, apa saja itu?
  1. Startup perdagangan seperti e-commerce
  2. Startup pencipta aplikasi edukasi
  3. Startup pencipta game 
  4. Startup berbasis portal berita
Tidak hanya startup jenis e-commerce, startup jenis yang lain seperti startup pencipta aplikasi dan startup pencipta game juga memiliki pasar yang potensial dan juga terbuka di Indonesia. Selain itu, menciptakan sebuah game atau aplikasi edukasi relatif lebih mudah dibandingkan dengan menciptakan situs e-commerce. Sedangkan untuk startup berbasis portal berita saat ini telah banyak sekali bermunculan dan perkembangan startup jenis portal berita ini justru jauh lebih pesat.

Banyak dan sangat berkembangnya pengguna smartphone di Indonesia saat ini, pasar untuk mobile game, situs portal berita, ataupun aplikasi edukasi semakin besar. Hal itu bisa menjadi lahan yang potensial untuk para pelaku bisnis startup pada jenis tersebut. Namun, untuk jenis startup perdagangan seperti e-commerce tantangannya di Indonesia masih cukup besar karena masih minimnya pengguna kartu kredit di Indonesia.

Di Indonesia saat ini sudah banyak sekali komunitas para founder startup. Contoh komunitas para founder tersebut yaitu Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com), Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com), Stasion (stasion.org) tempat untuk startup lokal yang ada di kota Malang, Ikitas (ikitas.com) inkubator bisnis di kota Semarang, dan masih banyak lagi komunitas yang lainnnya. Dengan adanya komunitas-komunitas tersebut tentu bisa memudahkan para founder untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman, membimbingnya, bahkan bisa memudahkan untuk menemukan para investor.

Hal utama yang sangat penting untuk mendirikan sebuah startup adalah tim yang kompak dan solid. Dengan memiliki tim yang kompak dan solid, tentu akan lebih mudah memunculkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Karena dengan ide yang tepat, kreatif, dan inovatif tentunya para founder tidak akan kesulitan untuk menarik minat masyarakat terhadap produk yang dibuatnya dan akan lebih mudah menemukan investor yang mau memberikan suntikan dana untuk startupnya.

Faktanya, hampir semua pelaku startup mengalami kegagalan. Namun kegagalan tersebut bukan berarti harus dipandang menjadi sesuatu hal yang negatif. Masih banyak sisi positif yang bisa dipelajari dari pengalaman kegagalan tersebut. Jika seorang startup mengalami kegagalan, maka dia berkesempatan untuk bangkit dan mencobanya kembali dengan belajar ilmu atau sesuatu yang baru.

Founder BonChandra.com | Seorang content writter sekaligus publisher yang selalu berbagi dan terus belajar untuk memberikan informasi dan berusaha memberikan solusi untuk masalah orang lain.

0 Response to "Apa Itu Bisnis Startup? Dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?"

Post a Comment